Tuesday, December 17, 2013

Berhati-hati dalam Menasehati Orang Lain

Malam ini kiranya saya ingin berbagi dengan anda para pembaca tempat curhat di manapun berada. Judul tulisan ini "Berhati-hati dalam Menasehati Orang Lain", bukan tanpa sebab saya menuliskan dan mengambil tema ini. Dalam perjalanan hidup menuju 40 tahun ini, entah karena ketertarikan keilmuan yang saya tekuni saat ini, atau entah karena sebab lain, saya merasa harus berhati-hati dalam memberikan nasehat atau semacam anjuran-anjuran kebaikan kepada orang lain. Ambil contoh misalnya ketika saya menasehati istri saya untuk bersabar ketika menghadapi masalah dan jangan emosi, terinspirasi dari sebuah stiker "Sabar kudu kabeh, Kabeh kudu sabar", ternyata sejurus kemudian saya dihadapkan pada masalah yang betul-betul membuat saya mengelus dada, tidak bisa sabar bahkan emosi. Lalu saya menyimpulkan, menasehati, memberikan anjuran atau saran-saran pada orang lain itu sangat sangatlah mudah, tapi melakukannya sungguh suatu yang tidak mudah. Secara gamblang dalam kesempatan ini saya ingin mengatakan mau lebih berhati-hati lagi dalam berbicara walaupun isi pembicaraan itu sebuah kebaikan, misalnya soal kesabaran, menahan emosi, rendah hati, kesetiaan, terlebih tentang sikap-sikap moral yang lain... sungguh sesuatu yang berat. Sejurus memberi keterangan, sejurus kemudian akan diuji oleh tema yang barusan diterangkan. Apakah ini pernah terjadi juga pada anda?

2 comments:

JESSICA YONG said...

KUMPULAN VIDEO LUCU, LANGSUNG AJA KLIK LINK INI UNTUK LIHAT VIDEONYA :

https://sukacurhat.com

pricillia said...

kunjungi link hiburan kami bos ku :*
https://mycutegirlfriend.com

Google